Foto Makam Raden Fatah

Makam Raden Fatah
Raden Fatah adalah Sultan Demak pertama dengan kerajaan yang bercorak islam, putera dari Prabu Brawijaya V yaitu raja terakhir kerajaan Majapahit dengan selirnya yang berdarah China. Raden Fatah mendirikan kesultanan demak atas dukungan para walisanga lainnya, sehingga berdirilah kerajaan pertama bercorak islam ditanah jawa, kerajaan Demak adalah cikal bakal penyebaran islam ditanah jawa.

Banyak sekali sejarah yang menceritakan siapa Raden Fatah sebenarnya, ada sejarah menyebut bahwa Raden Fatah berdarah china dan bernama asli Jin Bun, atas jasa dan perjuangannya memperkenalkan ajaran islam, sampai sekarang makamnya selalu ramai dikunjungi peziarah, bahkan masjid Demak yang masih berdiri kokoh bukti kejayaan kesultanan Demak bintoro yang didirikan oleh Raden Fatah terkenal hingga mendunia.

Diareal pemakaman ini dimakamkan juga keturunan dan kerabat kesultanan Demak, dari permaisuri, Raden Pati Unus, dan makam generasi penerus kesultanan Demak Bintoro.

Selain tokoh besar di Indonesia Raden Fatah sekaligus seorang mubaligh, beliau banyak mengatur strategi penyebaran islam diwilayahnya, sehingga islam begitu pesat dikenal oleh seluruh kerajaan di nusantara, banyaknya kerajaan yang masuk islam menjadi jalan yang besar untuk memperkenalkan islam kepada rakyatnya, sehingga pengislaman menjadi cepat meluas dan pesat.

Perjuangan Raden Fatah dibantu oleh para anggota walisanga, bahkan pendirian masjid Demak tidak luput dari bantuan walisanga yang didirikan pada abad ke 15, saksi bisu kejayaan kesultanan Demak masih banyak tersimpan dimuseum masjid demak yang letaknya disebelah makam Raden Fatah.

Untuk menuju masjid Demak atau makam R. Fatah bus penumpang yang membawa rombongan harus parkir ditempat yang sudah disiapkan pengurus daerah, jadi lumayan jauh dari parkiran kendaraan ke lokasi masjid dan makam Raden Fatah, untuk berjalan kaki lumayan cape tapi tenang saja para joki delman sudah bersiap untuk mengantarkan rombongan ke tempat tujuan. Membayar delman per orang dikenakan biaya yang lumayan murah dibandingkan jalan kaki.

0 komentar:

Posting Komentar